*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Berkhin. S

LAMPUNG UTARA, – Puluhan masyarakat dari berbagi wilayah Kecamatan di Lampung Utara, berbondong bondong datangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) daerah setempat, rabu 26 februari 2020. Kedatangan mereka diketahui untuk melakukan perekaman dan pencetakan akte kependudukan.

Dikatakan Tien Rostina Pra.SH.MM, Sekertaris Disdukcapil, mewakili Kepala Dinas Dukcapil, Lampung Utara, Maspardan, bila keramaian ini telah berlangsung sejak senin 24 Februari kemarin. Dan didominasi oleh mereka yang ingin cetak KTP baru dan para pelajar yang beranjak usia.

“Sejak hari senin memang sudah rame. Mereka yang hadir ini yang cetak KTP karena sebelumnya sudah diterbitkan Surat Keterangan (suket) dan perekaman baru bagi anak anak yang baru beranjak usia 17 tahun.” ujar Sekertaris Disdukcapil, Tien Rostina, Rabu 26 Februari 2020.

Dengan ramainya kehadiran masyarakat ini, bukan berarti tidak ada kendala, dimana dari 23 kecamatan hanya 11 kecamatan yang masih berfungsi, mereka masyarakat Kecamatan yang tidak bisa melakukan perekaman diminta untuk datang ke Kecamatan yang dapat merekam.

“Sebagian kecamatan alat perekaman rusak, namun masyarajat kita arahkan untuk ke Kecamatan terdekat yang dapat melakukan perekaman. Tapi mungkin kalau ke Kabupaten mungkin mereka sambil jalan jalan, karena pencetakan kita baru bisa di Kabupaten saja.” ucapnya.

Dirinya meminta agar masyarakat bersabar saat berada di kantor Disdukcapil, karena banyaknya warga yang ingin mendapat akte kependudukan. Namun ia memastikan mereka yang sudah hadir akan diupayakan pulang membawa akte kependudukan.

“Saat ketersediaan Blangko KTP sudah siap, mencukupi, kami mohon masyarakat segera melakukan pencetakan. Karena kita juga secara nasional dikejar datanya. Tapi kita upayakan mereka yang sudah hadir akan membawa pulang akte kependudukan sesuai kebutuhan.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *